Mengenal Senjata Tradisional di Setiap Provinsi di Indonesia

Mengenal Senjata Tradisional di Setiap Provinsi di Indonesia

Apakah Anda ingin mengajari anak-anak Anda senjata tradisional Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki 34 provinsi. Jumlah yang besar ini membuat setiap provinsi memiliki budayanya masing-masing, termasuk senjata tradisional. Perbedaan senjata tradisional masing-masing provinsi disebabkan oleh latar belakang budaya dan sejarah.

Senjata Tradisional di Indonesia

1. Karih dari Sumatera Barat

Sumatera Barat sebenarnya memiliki banyak senjata tradisional, salah satunya yaitu karih. Senjata ini mirip dengan keris. Jadi bentuk ini memiliki gerigi yang panjang yang diselimuti oleh sarung. Selain karih ada piarik, ruduih, kerambit dan klewang yang juga merupakan senjata khas Sumatera Barat.

2. Piso Gaja Dompak dari Sumatera Utara

Piso gaja dompak merupakan senjata khas dari Sumatera Utara. Senjata ini biasa digunakan oleh Raja Batak. Piso gaja dompak diambil dari nama piso yaitu pisau, gaja artinya gajah, dan dompak artinya kewibawaan. Selain piso gaja dompak, ada senjata khusus lainnya seperti piso surit, hujur, dan tongkat tunggal panaluan.

3. Badik Tumbuk Lado dari Kepulauan Riau

Kepulauan Riau memiliki senjata tradisional yang dikenal dengan nama badik tumbuk lado. Senjata jenis ini sering digunakan sebagai alat pertahanan melawan musuh. Bahan utama tumbuk badik lado adalah campuran besi dan baja dengan ukuran 20-30 cm. Sarungnya terbuat dari kayu lunak yang dilapisi pelat emas atau perak.

4. Terapang dari Lampung

Terapang merupakan senjata tradisional Lampung yang sekilas terlihat seperti keris. Hanya bilah yang sedikit melengkung. Ciri khasnya adalah patung kepala atau burung pada sarungnya yang melambangkan keberanian.

5. Kujang dari Jawa Barat

Jawa Barat memiliki kujang sebagai senjata khasnya. Senjata ini berukuran antara 20-25 cm dan banyak ditemukan sebagai aksesori pakaian adat pria di Jawa Barat. Selain pisau potong, ada juga bedog, baliung, congkrang, arit, sulimat dan balincong yang merupakan senjata tradisional Jawa Barat.

6. Keris dari Jawa Tengah

Keris adalah senjata khas Jawa Tengah. Senjata ini memiliki bentuk bengkok dengan jumlah kelokan berjumlah ganjil. Ada tiga jenis bagian keris, yaitu wilah adalah kepala, sarung menjadi cangkang keris, dan gagang keris.

7. Clurit dari Jawa Timur

Untuk provinsi Jawa Timur terdapat clurit yang berasal dari suku Madura dan merupakan senjata tradisional masyarakat Jawa Timur. Senjata ini memiliki bentuk yang melengkung seperti bulan sabit dengan ujung yang runcing dan sangat tajam.

8. Mandau dari Kalimantan Tengah

Terdapat senjata khas Kalimantan Tengah yaitu mandau. Pedang itu berbentuk seperti parang dengan ukiran di sisi-sisinya. Pedang ini digunakan dalam upacara ritual dan juga melawan musuh.

Tentu masih ada banyak nama-nama senjata tradisional di setiap provinsi di Indonesia. Anda bisa mendapatkan informasi senjata tradisional di 34 provinsi di Indonesia yang lebih lengkap di Orami.co.id sekaligus berbagai informasi hiburan yang menyenangkan untuk diajarkan kepada si kecil.

Related Posts