Waspadai Dampak Paparan Virus Corona Pada Ibu Hamil

Waspadai Dampak Paparan Virus Corona Pada Ibu Hamil

Dari berbagai media yang tersedia bisa dilihat bahwa persentase paparan virus corona memang cenderung menurun dibandingkan beberapa waktu yang lalu. Namun, tetap saja, paparan virus ini masih menjadi ancaman, terutama bagi ibu hamil. Hal inilah yang memberikan penekanan pentingnya mengetahui ciri ciri corona tanpa gejala.

Perlu disadari bahwa ibu hamil cenderung memiliki imunitas tubuh yang lebih rendah. Oleh karenanya, mereka cenderung lebih rentan terkena gangguan kesehatan, termasuk paparan virus corona. Tidak hanya itu, ada dampak yang lebih serius yang akan didapatkan oleh ibu hamil dari paparan virus ini.

Apa saja dampak yang perlu diwaspadai tersebut? Simak ulasannya!

  1. Gejala yang lebih parah

Salah satu dampak yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil dari paparan virus corona adalah gejala yang cenderung lebih parah. Seperti dibahas di awal, ibu hamil memiliki kondisi imun yang cenderung lebih rendah dan lebih rentan terkena paparan virus corona.

Nah, kondisi inilah yang akan memperparah gejala yang muncul pada mereka. Misalnya saja, ketika paparan virus corona bisa menyebabkan sesak napas, maka ibu hamil akan mengalami masalah sesak napas yang jauh lebih menyakitkan dan cenderung lebih lama untuk disembuhkan.

Kondisi ini bisa semakin parah dikarenakan beberapa hal. Salah satu hal tersebut adalah jika ibu hamil memiliki riwayat penyakit bawaan.

  1. Kelahiran yang prematur

Setiap ibu hamil selalu ingin melihat bayi mereka lahir dengan selamat di waktu yang tepat. Keinginan tersebut bisa saja sirna jika ia terkena paparan virus corona. Pasalnya, ketika ibu hamil terkena paparan virus corona, maka ia secara tidak langsung akan dipaksa untuk melahirkan secepatnya termasuk secara prematur.

Ini adalah hal yang diambil oleh para ahli. Salah satu tujuannya adalah sebagai langkah antisipasi agar bayi tidak terjangkit. Poin ini bisa dijadikan alasan untuk turut dalam program asuransi Covid untuk mendapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal.

  1. Adanya kecacatan pada janin

Dampak lain dari paparan virus corona pada ibu hamil yang bisa dikatakan cukup parah adalah adanya kecacatan pada janin yang dikandung di dalam rahim. Ini adalah kondisi yang cukup memprihatinkan sekaligus juga membahayakan pada janin.

Berkaitan dengan masalah ini, para pakar mengatakan bahwa ada kemungkinan paparan virus corona yang terjadi pada ibu hamil menembus plasenta. Jika hal tersebut terjadi, maka dampak buruk bisa dirasakan oleh janin yang ada di dalam kandungan, termasuk berefek menjadi cacat.

  1. Infeksi pada janin

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa paparan virus corona bisa menembus pada plasenta. Apabila hal ini terjadi, maka akan ada infeksi yang muncul pada janin. Kondisi ini tentu merupakan hal yang sangat serius dan harus menjadi kewaspadaan ekstra bagi ibu hamil.

Ya, adanya infeksi pada janin yang dikandung oleh seorang ibu hamil dan terkena paparan corona akan berakibat fatal. Bisa jadi, janin yang terinfeksi tidak bisa berkembang dengan baik sesuai dengan tingkat perkembangan dan pertumbuhan seharusnya. Inilah hal yang mendasari perlunya memahami ciri-ciri corona tanpa gejala.

Beberapa hal di atas adalah dampak buruk yang bisa terjadi pada ibu hamil ketika ia terkena paparan virus corona ketika hamil. Tentu, kewaspadaan ekstra menjadi hal penting karena faktanya sebaran virus ini masih ada.

Selain itu, sebagai bentuk pencegahan, Anda bisa menggunakan layanan asuransi Covid yang tersedia. Dengan layanan ini nantinya Anda bisa mendapatkan perlindungan ekstra dari paparan corona tersebut.

Related Posts