6 Desain Rumah Berdasarkan Jenis Rumah di Indonesia

6 Desain Rumah Berdasarkan Jenis Rumah di Indonesia

Rumah berguna untuk tempat tinggal, berlindung dari terik matahari dan air hujan. Bentuk rumah juga dapat disesuaikan dengan luas lahan, ketinggian tanah serta letak geografisnya. Beragam macam bentuk rumah, menciptakan beberapa jenis rumah hunian. Memunculkan desain rumah yang menunjang kebutuhan hunian di Indonesia.

1.      Rumah Panggung

Terinspirasi dari rumah panggung di berbagai wilayah Indonesia yang banyak dimodifikasi. Berbentuk persegi berukuran sekitar 12×9 meter bertopang tiang dengan jumlah 30 ukuran besar. Jumlah 24 untuk tiang utama dan 6 sebagai peramban. Memiliki dua tangga di bagian depan sebagai tangga utama dan belakang sebagai tambahan. Dinding terbuat dari kayu ukiran berisi 8 ruangan.

2.      Rumah Tunggal (Detached)

Rumah tunggal dibangun di daerah yang jauh dari hiruk pikuk seperti pegunungan atau pantai. Memiliki bentuk atap segitiga, persegi hingga geometris tak beraturan. Dicat dengan beragam warna mencolok, warna bumi hingga warna netral. Rumah ini beberapa memiliki desain dengan banyaknya jendela hingga di bagian atap. Memancarkan bagian dalam lebih baik saat di malam hari.

3.      Town House

Sering disebut dengan apartemen bentuk horizontal. Satu lokasi memiliki rumah sama persis baik di bagian luar dan dalamnya. Namun untuk membedakan dengan rumah lainnya biasanya akan sedikit dimodifikasi baik warna maupun halamannya. Beratap segitiga dengan ruang bentuk persegi. Pintu  depan memiliki atap sendiri, dilengkapi halaman kecil di depan rumah.

4.      Cluster

Komplek perumahan yang dibagi atas beberapa sub komplek di dalamnya. Menyimpan fasilitas yang digunakan bersama seperti tempat bermain. Ciri khas jenis rumah ini hadirnya pagar tinggi di sekitarnya. Jalanan sekitar rumah akan diaspal atau ditutup paving. Berisikan rumah-rumah menengah ke mewah. Desain rumah hampir sama, yang membedakan hanya kualitas, warna, corak dan macam bangunannya.

5.      Rumah Kopel

Jenis rumah peninggalan Belanda yang memiliki desain colonial. Banyak ditemukan di daerah Bandung dan Garut. Disebut sebagai rumah pinang belah dua. Deretan rumah yang sama dengan satu bangunan rumah dipisahkan oleh dinding. Nampak seperti dua rumah namun ditinggali oleh orang yang berbeda. Memiliki ukuran yang imbang satu sama lain.

6.      TOD

Kependekan dari Transit Oriented Development jenis rumah yang terintegrasi dengan lintasan transportasi umum. Hunian tingkat berfasilitas sama pada setiap unitnya. Kemudahan transportasi seperti MRT, Commuter Line serta LRT membuat minat rumah ini makin tinggi. Perbedaan dengan konsep rumah susun lainnya terletak pada dekat dengan transportasi umum.

Itulah beberapa desain rumah berdasarkan beberapa jenis rumah di Indonesia. Desain setiap rumah hampir sama, memiliki tiang dan atap. Perbedaannya hanya bentuk dan material yang digunakan serta aksesoris untuk melengkapinya. Penampakan dari luar umumnya sama. Namun desain bagian dalam akan disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah. Menyewa jasa desain interior lebih memudahkan Anda dalam mewujudkan hunian yang  diinginkan.

Related Posts