Bagaimana Perkembangan Bayi pada 6 Minggu Kehamilan?

Bagaimana Perkembangan Bayi pada 6 Minggu Kehamilan?

Selamat buat bunda yang sudah memasuki usia 6 minggu masa kehamilan, dimana pada masa ini janin sudah mulai terbentuk sumsum tulang belakangnya dan ini menjadi salah satu bagian penting dari fungsi saraf pada bayi sampai ia lahir nantinya.

Tapi itu belum semuanya ya bund, Minggu ke 6 ini janin mengalami benjolan, yang nantinya benjolan tersebutlah yang akan membentuk mata dan telinga kemudian bagian pergelangan kaki dan tangan.

Kemudian dari sisi detak jantung bayi berkisar antara 105 detak per menit. Otak dan sistem saraf berkembang pesat. Kemudian minggu ke 6 ini juga mulai terbentuknya wajah kemudian hidung, mulut, telinga bagian dalam, daun telinga, dan paru-paru.

Hanya dalam beberapa minggu, tabung pernapasan akan mengikat paru-paru dan tenggorokan, memungkinkan bayi untuk mengambil napas pertamanya secara perlahan dan bertahap. Bunda bisa juga cek proses perkembangan bayi bunda seiring waktu bisa menggunakan kalkulator kehamilan banyak kok di playstore dan appstore.

Berapa ukuran janin 6 minggu kehamilan?

Pada minggu keenam, cabang bayi atau janin sudah berukuran 2 mm, kira-kira sebesar biji delima.

Perubahan tubuh bunda pada 6 minggu kehamilan kira kira nanti seperti apa ya ? ini kami sajikan sedikit gambaran ringkasnya.

Minggu ini, payudara bunda mungkin terasa mulai membesar karena peningkatan aliran darah saat tubuh mulai memproduksi ASI. Bra dengan penyangga payudara yang baik akan membantu mengatasi ketidaknyamanan dalam hal ini.

Sembelit mungkin terjadi karena peningkatan kadar progesteron, yang memperlambat pencernaan. Untuk mencegahnya, tetap aktif secara fisik , sertakan makanan kaya serat seperti perbanyak makan sayur dan buah dan tentu saja perbanyak asupan cairan dengan minum air putih.

Bunda masih merasakan mual, dan tentu saja susah makan di kehamilan 6 minggu ini. Tapi jangan sampai kosongkan perut bunda ya, karena di dalam sana ada janin yang setiap saat membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya menjadi lebih normal dan sempurna, tetap makan meskipun hanya sedikit sedikit saja.

Gejala kehamilan minggu ke 6

  • Kram

Pada minggu keenam kehamilan, sedikit rasa sakit di perut bagian bawah mungkin terjadi, yang kemungkinan rasa kram ini datang dan hilang begitu saja.

Dalam banyak kasus juga terkadang keluar darah dan cairan dari vagina bunda, jika jumlahnya banyak misalkan maka kami sarankan cepat periksa di dokter kandungan apalagi sudah menimbulkan rasa tidak nyaman.

  • Mual

Rasa mual dan ingin muntah di masa kehamilan 6 minggu ini akan sangat menggangu sekali, anda bisa jadi merasakan mual sepanjang hari tidak hanya di pagi hari saja.

  • Kelelahan yang luar biasa

Kelelahan akan semakin terasa saat kadar progesteron meningkat. Tidur siang dengan cukup mungkin bisa bunda lakukan dalam membantu mencegah kelelahan yang berlebihan. Bagi beberapa ibu hamil, sering ngemil dan olahraga ringan membantu mengatasi kelelahan.

Pastikan anda memiliki cukup zat besi dalam makanan. Kekurangan zat besi dapat memicu terjadinya anemia, jadi dalam kehamilan 6 minggu ini bunda harus benar benar menjaga fisik, kemudian pikiran jangan sampai kelelahan apalagi stress karena akan berpengaruh sekali pada kondisi janin.

  • Sering buang air kecil

Dalam masa kehamilan 6 minggu juga bunda akan merasakan sering buang air kecil, karena proses kerja ginjal semakin maksimal dalam hal ini. Kemudian perubaah mood menjadi tidak stabil kadang sering marah dan lain sebagainya.

Related Posts