Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah

Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah

Kehidupan di sekitar rumah juga menjadi sebuah tanggung jawab kita, jadi tidak hanya di dalam rumah yang harus dijaga. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar lingkungan bisa tetap terjaga dengan baik. Berikut ini adalah cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah untuk kebaikan bersama.

1. Hemat Air

Air adalah salah satu sumber kehidupan manusia. Indonesia sebagai negara tropis mungkin masih memiliki persediaan air tanah yang sangat banyak, namun bukan berarti kita bisa menggunakannya dengan boros. Penggunaan air yang berlebih akan mengurangi persediaan air tanah di sekitar rumah, dampaknya adalah kesuburan tanah yang akan terus menurun.

Dampak lebih panjangnya adalah, beberapa tanaman akan sangat sulit tumbuh dan lingkungan akan menjadi gersang. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan air dengan bijak. Ada banyak orang yang masih membutuhkan air bersih, jangan sampai kita yang dalam kondisi lingkungan memiliki air tanah melimpah justru menggunakan dengan boros.

2. Memisahkan Sampah

Cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah selanjutnya adalah dengan memisahkan sampah, antara sampah organik dan sampah anorganik. Tujuanya adalah agar kita bisa memanfaatkan keduanya, sampah organik biasanya diolah lagi menjadi kompos atau pupuk organik, sementara untuk sampah anorganik bisa diolah lagi untuk barang kebutuhan lainnya.

3. Menghemat Listrik

Listrik telah menjadi kebutuhan pokok manusia, hampir setiap aktivitas memerlukan yang namanya listrik. Pastikan semua perabotan rumah telah menggunakan listrik yang berdaya rendah, seperti lampu LED. Pastikan juga, untuk selalu mematikan barang yang tidak terpakai, agar tidak membuang listrik dengan percuma.

Indonesia masih menggunakan listrik tenaga uap, yang bahan bakar utamanya adalah batu bara. Lambat laun, batubara di Indonesia tentu akan habis, oleh karenanya, selalu gunakan listrik dengan bijak. Selain itu, perjalan batu bara hingga sampai ke PLTU, juga menimbulkan banyak sekali kerusakan lingkungan. Solusi dari hal ini tentunya adalah teknologi yang lebih maju.

4. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya

Salah satu bahan kimia yang masih terus digunakan adalah detergen, yang menjadi penyumbang terbesar bahan kimia yang berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan. Selain itu, penggunaan kantong plastik juga harus dihentikan, agar populasi sampah plastik bisa sedikit berkurang. Anda bisa juga menggunakan deterjen yang ramah lingkungan.

Selalu bawa kantong sendiri dari rumah, agar Anda tidak lagi butuh kantong plastik saat berbelanja. Langkah kecil ini sudah bisa membantu agar lingkungan menjadi lebih sehat. Anda bisa mengajarkan hal ini juga kepada anak, atau saudara dan rekan.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah. Lingkungan yang sehat tentu akan membawa kita ke kehidupan yang lebih sehat. Kita tidak bisa langsung merubah dunia, namun paling tidak kita bisa memulainya dari diri sendiri. Lalu, selalu tularkan hal baik ini ke seluruh orang agar lingkungan semakin sehat.

Related Posts