Kenali 4 Jenis Susu untuk Campuran Kopi, Yuk!Kenali 4 Jenis Susu untuk Campuran Kopi, Yuk!

Kenali 4 Jenis Susu untuk Campuran Kopi, Yuk!Kenali 4 Jenis Susu untuk Campuran Kopi, Yuk!

Dewasa ini, generasi Millenial tidak asing dengan citarasa kopi susu yang banyak dijadikan menu utama kafe kekinian. Nongkrong di kafe atau kedai kopi menjadi rutinitas masyarakat modern yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Namun, intensitas nongkrong di kedai kopi berkurang seiring pandemi corona yang belum berakhir. Anda bisa membuat kopi dicampur susu terbaik di rumah untuk momen merindukan di kafe favorit.

Susu yang cocok menjadi campuran latte atau cappuccino

Buat Anda yang ingin membuat kopi dicampur susu terbaik di rumah saja seiring kebijakan PSBB, maka bisa memilih jenis susu yang cocok menjadi campuran latte atau cappuccino berikut :

1. UHT

Susu UHT atau Ultra Hight Temperature merupakan jenis susu yang mengandung rasa manis tipis dengan tekstur creamy. Jenis susu UHT merupakan susu segar yang dipanaskan dengan suhu tinggi hingga 150 derajat celcius sehingga aman dikonsumsi semua orang. Sisa tekstur creamy pada susu yang mengalami proses steam saat dituangkan ke dalam kopi akan memberikan sensasi rasa yang istimewa.

2. Susu pasteurisasi

Merupakan jenis susu segar yang mengalami proses pasteurisasi atau dipanaskan dengan derajat 63 celcius setidaknya 15 menit. Citarasa susu pasteurisasi adalah tingkatan manis yang lebih terasa sehingga banyak digunakan sebagai pelengkap kopi cappuccino. Tak heran jenis susu ini lebih banyak dipilih sebagai pelengkap kopi di kafe-kafe.

Citarasa kopi tidak akan berubah meski Anda memberikan campuran susu pasteurisasi dalam jumlah banyak, asal tidak terganggu dengan rasa manis susu saja.

3. HTST milk

Merupakan jenis susu yang memiliki proses sama dengan susu pasteurisasi atau High Temperature Short Time pasteurization. HTST milk melalui proses pemanasan dengan suhu 72-74 derajat celcius, sedangkan waktu pemanasan hanya 15-20 detik saja.

Proses penyimpanan yang baik akan membuat HTST milk lebih awet dalam waktu lebih lama dan cocok digunakan untuk jenis kopi latte atau cappuccino. Sensasi rasa manis dengan tekstur creamy yang tidak berubah membuat HTST milk lebih favorit.

4. Raw milk

Anda pasti tidak asing dengan istilah susu segar atau raw milk yang langsung diperah dari sapi di peternakan. Susu segar bisa langsung disimpan di lemari pendingin dan bisa digunakan kapan saja melalui proses steam. Perbedaan citarasa manis pada raw milk mulai menurun setelah disimpan di lemari pendingin.

Buat Anda yang ingin menikmati kopi latte atau cappuccino sendiri di rumah, bisa menambahkan jenis susu di atas. Namun, ketahui karakteristik masing-masing susu agar kopi susu buatan Anda lebih istimewa. Campuran bahan yang tepat akan menghasilkan citarasa kopi istimewa sesuai kesukaan Anda. Kini Anda bisa membuat secangkir kopi dicampur susu nikmat yang tidak kalah dengan menu kopi andalan di kafe favorit, ya!

Related Posts