Kenali Ciri-Ciri Alergi Susu Sapi

Kenali Ciri-Ciri Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi termasuk jenis alergi yang mudah menyerang anak. Jika mengalami alergi ini, anak tidak bisa konsumsi susu sapi dan produk olahannya. Bahkan sejak bayi pun bisa terkena alergi ini. namun pada beberapa anak setelah usia dewasa alerginya akan hilang sendiri. gejala yang muncul bisa langsung terjadi atau dua jam setelah konsumsi susu. Gejalanya mulai dari ringan hingga berat. Moms harus tahu seperti apa ciri ciri alergi susu sapi. Sehingga bisa lebih waspada dan menanganinya dengan baik.

Penyebab Anak Menderita Alergi Susu Sapi

Susu sapiĀ  mengandung protein. Bagi anak yang menderita alergi susu sapi, protein tersebut dianggap sebagai zat asing dalam tubuh. Sehingga sistem imunitas tubuh melawannya dan menimbulkan gejala alergi. Penyebab alergi susu sapi tentunya karena sistem kekebalan tubuh yang terganggu. sistem kekebalan tubuh mengenali protein susu sebagai zat berbahaya. Kemudian tubuh mengeluarkan antibodi immunoglobulin. Sehingga timbul gejala alergi, seperti gatal, muntah, perut kembung, diare dan lainnya

Alergi susu sapi semakin parah bila dipengaruhi faktor risiko lainnya. seperti riwayat alergi lainnya, dermatitis atopik, genetik dan juga usia. Penyebabnya tidak bisa dihindari atau dicegah. Karena tergantung dengan sistem imunitas tubuh anak anda. caranya hanya dengan meminimalisir gejalanya, supaya tidak semakin parah

Ciri-Ciri Alergi Susu Sapi

Jika anda tidak memperhatikan gejala yang muncul, alergi susu sapi bisa membahayakan nyawa anak anda. karena gejala yang paling berat adalah kesulitan bernapas. Berikut ini beberapa ciri alergi susu sapi yang harus anda waspadai.

Gejala Ringan

  • Diare, muntah, darah pada feses, konstipasi
  • Anemia defisiensi besi
  • Batuk, pilek, kronik
  • Kolik atau perut kembung yang berlangsung lama
  • Keluar bintik merah atau eksim

Gejala Berat

  • Anemia defisiensi besi yang disebabkan darah pada feses
  • Gagal tumbuh
  • Kesulitan bernapas

Bila muncul gejala sebaiknya, anda segera membawa anak ke dokter. konsultasikan dengan dokter anak sehingga gejala berat tidak muncul. Bila anak masih asi esklusif, ibu yang harus mengurangi makanan yang mengandung susu. Bila anak sudah mpasi, perhatikan makanan yang dikonsumsi. Dan bila anak sudah konsumsi sufor, anda harus mengganti susu formula yang aman untuk alergi susu sapi.

Anda bisa memilih susu formula yang menggunakan bahan kedelai atau soya. Salah satunya adalah sgm soya. Sgm soya aman untuk anak yang memiliki alergi susu sapi. Karena tidak mengandung protein susu sapi. Namun nutrisi didalamnya sesuai yang dibutuhkan tumbuh kembang anak.

Anda juga harus bisa membedakan alergi susu sapi dengan intoleransi laktosa. Untuk anak dibawah dua tahun, anda bisa mencobanya di usia selanjutnya. karena mungkin alergi tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Itulah beberapa ciri ciri alergi susu sapi pada anak yang harus anda waspadai.

Related Posts