Pengertian Warga Negara Indonesia

Pengertian Warga Negara Indonesia Berdasarkan Pasal 4 UU 12/2006

Terkadang saking banyaknya uud yang mengatur tentang kewarganegaraan tidak jarang membuat orang bingung salah satu hal sepele misalkan dalam memberikan status kewarganegaraan terhadap banyak kasus yang memungkinkan munculnya keraguan apakah saya, dia, mereka masuk dalam kewarganegaraan Indonesia atau bukan.

Untuk menjawab pertanyaan ini kita bisa cek ada uud yang mengaturnya dimana pada pasal 4 undang undah nomer 12 disahkan pada tahun 2016 sudah sangat lengkap sekali mari kita bahas butir per butir

Baca juga : https://www.daftarpustaka.org/hak-dan-kewajiban-warga-negara/

  1. Seorang anak yang terlahir dari proses pernikahan yang sah di wilayah Indonesia dimana saja : Ini sudah jelas sekali tidak ada keraguan sama sekali.
  2. Seorang anak yang terlahir dari pernikahan beda negara, dimana ayah dari indonesia dan ibu misalkan dari hongkong nah ini sang anak bisa milih nantinya apakah indonesia apa hongkong setelah ia berusia 18 tahun.
  3. Anak yang lahir dengan ibunya orang indonesia dan bapaknya orang luar indonesia
  4. Anak yang terlahir dari ibu orang indonesia sedangkan ayahnya tidak ada kewarganegaraan bisa jadi karena dicabut oleh negaranya sendiri
  5. Anak yang sudah lahir selama satu tahun kurang 2 bulan setelah bapaknya meninggal dari pernikahan sah dengan wanita asli indonesia batas hari ini kalau dibulatkan selama 300 hari dan sudah di atur dalam undang undang yang sah mengatur kewarganegaraan setiap anak yang baru lahir.
  6. Anak yang lahir di luar pernikahan dan ibunya adalah orang indonesia asli, tidak ada istilah anak haram dalam kondisi ini, intinya sang anak tetap bisa menjadi warga negara Indonesia yang sah secara hukum perdata.
  7. Anak yang lahir diluar perkawinan sah, dan ada orang indonesia yang mengadopsinya
  8. Anak yang lahir kemudian dibuang di wilayah indonesia dan diadopsi oleh orang indonesia meskipun anak tersebut berparas bule
  9. Anak yang lahir dengan posisi di luar Indonesia dari orang tua KTP Indonesia
  10. Kemudian anak yang lahir dengan proses pengabulan permintaan warga negara oleh pemerintah.

Sumber : daftar pustaka

Related Posts