Perkembangan Bayi 5 Bulan yang Harus Dipahami Ibu

Perkembangan Bayi 5 Bulan yang Harus Dipahami Ibu

Saat bayi berusia 5 bulan, tentu orang tua akan menyadari adanya perubahan. Perkembangan bayi 5 bulan memang sudah akan terlihat dan juga berkembang dengan cepat. Ini juga merupakan masa-masa perkembangan bayi yang termasuk cepat.

Bayi usia 5 bulan akan langsung mendapat nutrisi tambahan melalui makanan padat pada usia 6 bulan. Ibu harus memahami perkembangan bayi usia 5 bulan agar dapat terus tumbuh dengan optimal. Anak Anda memiliki banyak tindakan baru saat berusia 5 bulan.

Berguling, Tonggak Utama Perkembangan Bayi 5 Bulan

Perkembangan bayi yang signifikan saat berusia 5 bulan adalah kemampuannya untuk membalikkan badan. Kebanyakan bayi mulai merangkak ketika mereka berusia 9 hingga 12 bulan. Saat usianya 5 bulan, bayi sudah bisa berguling dari punggung ke perutnya. Nanti saat berumur 6-7 bulan, dia akan menjadi lebih kuat. Saat bayi membalikkan badan, Anda akan melihat gerakan kaki yang mengayun. Ini menunjukkan bahwa dia siap merangkak.

Bayi yang berguling ini mempersiapkan dirinya untuk bisa merangkak dan berjalan. Untuk alasan ini, harap pastikan para ibu berhati-hati agar tidak meletakkan anak kecil Anda di tempat tidur atau permukaan tinggi lainnya untuk menghindari bayi jatuh dan cedera.  Pastikan Anda juga memeriksa keamanan di sekitar area bayi berguling.

Kekuatan dan Motorik Tangan Perkembangan Bayi 5 Bulan

Perkembangan selanjutnya adalah kekuatan dan kemampuan motorik bayi berusia 5 bulan. Seperti disebutkan sebelumnya, waktu tengkurap adalah suatu keharusan bagi bayi. Tujuannya untuk lebih memperkuat lengan-lengannya yang masih mungil agar bisa merangkak.

Satu hal yang perlu diperhatikan ibu saat bayimenginjak usia 5 bulan adalah genggaman bayi semakin kuat. Dia mampu menarik objek lebih dekat dan memegangnya di tangannya. Kemudian, tangan kecil bayi juga bisa dengan terampil memindahkannya dari satu tangan ke tangan lainnya. Mungkin bayi juga bisa memegang botolnya sendiri. Tentunya perkembangan ini juga mempersiapkan bayi untuk makan makanan padat.

Keterampilan motorik halus bayi juga meningkat. Dia bisa mengulurkan tangannya saat melihat ibunya membungkuk. Ini adalah bentuk komunikasi yang dibutuhkan. Bayi usia 5 bulan juga akan menggunakan matanya untuk mengarahkan tangannya.

Dia bisa mengambil sebuah benda dan memasukkannya ke dalam mulutnya. Selain itu, bayi berusia lima bulan juga mulai tumbuh gigi awal. Ini akan membuat gusi gatal dan ingin memasukkan sesuatu ke dalam mulut.

Babbling, Perkembangan Bayi 5 Bulan

Pada usia 5 bulan, bayi akan mulai belajar berbicara namun masih dengan bahasa yang tidak teratur yang disebut babbling. Ini juga membuat suara bayi berusia 5 bulan lebih ekspresif. Saat anak Anda senang, sedih, bosan, takut atau malu, mereka akan bisa menunjukkan ekspresi wajah.

Membaca ekspresi wajah dan mendengar intonasi suaranya dapat membantu para ibu mengetahui apa yang diinginkannya. Ibu dapat mengunjungi https://parenting.orami.co.id untuk membaca berbagai artikel bayi tentang kesehatan, cara mendukung perkembangan si kecil, dan lainnya.

Related Posts