Seberapa Penting Susu Nutrisi untuk Lansia?

Seberapa Penting Susu Nutrisi untuk Lansia?

Kebiasaan meminum susu mungkin lebih identik dengan anak-anak karena di usia tersebut mereka membutuhkan nutrisi yang cukup setiap hari. Akan tetapi, sebenarnya lansia pun juga demikian. Susu nutrisi untuk lansia diformulasikan khusus untuk menjaga imunitas tubuh mengingat ketika memasuki usia senja, beberapa fungsi dalam tubuh akan menurun.

Susu untuk lansia juga sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi harian. Beberapa lansia mungkin sudah tidak bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi karena berbagai hal seperti gigi yang sudah tidak sempurna, nafsu makan yang menurun, memiliki banyak pantangan makanan, dan sebagainya.

Seberapa Pentingkah Susu untuk Lansia?

Anda mungkin sudah tahu bahwa susu merupakan salah satu sumber terbesar dari vitamin D dan kalsium. Kedua gizi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh lansia untuk mencegah berbagai masalah sendi dan tulang. Lansia yang kurang melakukan aktivitas fisik memang lebih rentan terkena osteoporosis, nyeri sendi, pengapuran tulang, dan lain-lain.

Jadi, sebenarnya mengonsumsi susu nutrisi cukup penting untuk lansia. Dengan rutin mengonsumsi susu, pengeroposan tulang akan menjadi terhambat karena kalsium dan vitamin D akan membuat tulang menjadi lebih padat. Di dalam segelas susu yang rendah lemak saja memiliki kandungan kalsium hingga 306 mg yang sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Selain menjaga kesehatan tulang, nyatanya susu nutrisi juga penting untuk kesehatan jantung lansia. Susu mengandung kalium yang berperan penting dalam menjaga kestabilan tekanan darah. Beberapa penelitian yang dilakukan mengatakan bahwa asupan kalium yang cukup bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Yang terakhir adalah susu nutrisi bisa membantu untuk menjaga massa otot. Hilangnya masa otot adalah masalah yang juga kerap dialami oleh para lansia. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi susu secara rutin karena susu adalah sumber protein yang sangat baik. Akan tetapi, tentu saja harus diimbangi dengan aktivitas fisik.

Berapa Takaran Susu yang Dibutuhkan Lansia?

Jika susu sangat penting untuk lansia, pertanyaan berikutnya adalah berapa takaran susu yang tepat yang dibutuhkan oleh lansia. Sebenarnya, tidak ada ketentuan secara pasti tentang takaran ini. Susu mengandung beberapa nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin D, dan kalium. Nutrisi tersebut sebenarnya sudah terkandung dalam sumber makanan lain.

Jika kebutuhan nutrisi tersebut sudah terpenuhi, maka mengonsumsi susu tidak perlu terlalu sering. Akan tetapi, jika terdapat suatu kondisi yang khusus dan tidak memungkinkan untuk mengonsumsi makanan tersebut, maka porsi susu harus ditambah untuk mengantisipasi kekurangan nutrisi dalam tubuh.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa susu nutrisi sangat penting untuk dikonsumsi lansia, khususnya untuk mereka yang sudah tidak memungkinkan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi. Dengan takaran yang tepat, maka nutrisi harian lansia bisa tercukupi dan kesehatan tubuh bisa tetap terjaga.

Related Posts